Tanya ulang “Tukaran Link Bermanfaat untuk Seo” ?? March 18, 2016

Sebelum menginjak pada pembahasan mengenai kesimpang siuran pendapat bahwa tukaran link bermanfaat untuk seo, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai pengertian atau definisi tukaran link itu sendiri. Tukaran link merupakan pertukaran alamat web atau blog suatu orang dan instansi, yang biasanya di letakkan pada bagian footer atau memang dibuat list. Pertukaran tersebut dilakukan lebih dari 2 orang, sehingga link diakses oleh netizen melalui blog orang tersebut. ada beberapa versi yang menyatakan bahwa kegiatan seperti ini menguntungkan, namun ada pula yang berpendapat bahwa kegiatan seperti ini merugikan salah satu pihak. Bagaimana bisa demikian?

Kenali alasan dan latar belakangnya

Tidak serta merta tukar link menjadi jalan utama bagi blogger, bahkan bisa saja malah merugikan. Jika tukar link itu bertujuan agar pembaca blog dapat mengetahui lebih lengkap informasi melalui link yang direkomendasikan, maka sah saja. Namun, pada kenyataanya tidak semua begitu. Bahkan sering dijumpai adanya kerja sama yang membuat pengunjung situs merasa dipermainkan. Misal ketika seseorang mengunjungi suatu blog dan didalam blog tersebut ada link lain, kemudian link yang disarankan tersebut dibuka, saat membukanya ada link awal tadi yang tercantum. Jelas sangat tidak etis, jangan sampai Anda masuk dalam permainan ini, karena bisa saja mengalami kerugiannya. Beberapa alasannya sebagai berikut:

  • Pembohongan atas link yang dijanjikan tercantum di blog orang tersebut, namun kemudian dihapusnya. Tidak ada feedback dari pengunjung untuk situs kita. Artinya tidak akan mendapatkan backlink.
  • Jika tidak di backlink maka akan sangat merugikan, terutama bagi yang sedang menalami seo. Keyword keyword bisa turun karena pembagian link juice yang kurang bagus untuk tiap halamannya, kecuali jika pelaku yang masih terpasang di blog kita menggunakan rel Nofollow.
  • Dari pihak google sendiri bisa saja mengira adanya sistem “paid link”
  • Maka salah satu pelaku tentu merasa diuntungkan, dan satunya yang lain dirugikan.

Bagaimanapun, tukaran link bermanfaat untuk seo masih ada sesi keuntungannya, sehingga siapapun dapat mengakses informasi yang lebih detil lagi, khususnya link beraliran “no folow” yang secara peraturan google memang diperbilehkan. Mengapa demikian?

  • Adanya backlink yang berkualitas, kaarena bertukar link hnya pada bog yang setema.
  • Dengan sistem backlink nofollow tersebut, makas link link atau keyword yang ada dalam bok Anda tidak akan tersebar ke link orang lain.

Jika sudah terlanjur bagaimana?

Jika sudah terlampau melakukan kegiatan tukaran link dengan teman atau rekan kerja dan ternyata salah satu ari mereka memang melakukan kecurangan itu maka jangan bergegas untuk menutup blog Anda ada cara lain!!! ikutilah langkah ini:

  • Memindahkan link yang sudah terpasang ke halaman satu kosong. Dengan demikian dapat meminimalisir kerugian yang terjadi pada Anda sendiri atau link lain.
  • Alternatif lain yaitu, memfollowkan semua link yang ada pada halaman yang masih kosong. Cara ini akan membuat link juice tidak mengailr ke halaman link rang lain.

Cara tersebut memang standar, namun dapat meminimalisir terjadinya kerugian pada diri sendiri, apalagi sebenarnya pihak google tidak akan melakukan tukaran link.

Demikian pempbahasan mengenai ketidak pastian kabar bahwa tukaran link bermanfaat untuk seo. Sebenarnya semua tergantung pada diri sendiri yang mengelolanya. Jika pengeolaan itu dilakukan dengan baik, maka akan menghasilkan kepuasan tersendiri bagi blogger pemilik. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi pembaca dan menjadi salah satu patokan dalam mengembangkan blog .

Comments Off on Tanya ulang “Tukaran Link Bermanfaat untuk Seo” ??
Categories: goal